Smile Café adalah salah Café
satu yang menyajikan berbagai menu makanan, dengan beberapa fasilitas yang disediakan demi
kepuasan pelanggan. Sesuai dengan namanya, Café ini memiliki visi agar siapapun
pegunjung yang datang diharapkan dapat selalu tersenyum dan merasa bahagia saat
berada di dalam Café ataupun setelah mengunjungi Café ini. Karena salah satu hal
yang dapat memuaskan pelanggan adalah pelayanan. Maka, Smile Café berusaha
untuk memberikan pelayanan yang
maksimal.
Segmanation
Segmanation adalah upaya
memetakan atau memasarkan dengan memilah-milah konsumen sesuai dengan kelompok
masing-masing konsumen. Pemilihan ini bisa berdasarkan usia, jenis kelamin,
tempat tinggal, penghasilan gaya hidup, bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk
dan masih banyak yang lainnya. Karena bisnis saya merupakan bisnis di biang
kuliner, maka siapa pun dapat menjadi konsumen. Entah itu pria, wanita, orang
tua, orang dewasa, remaja, bahkan hingga anak-anak sekalipun. Mungkin jenis
makanannya saja yang akan saya kategorikan dalam usia. Misalnya, Smile Café ini mempunyai menu makanan Bakso Colorfull, yang memang menu ini
disediakan khusus untuk anak-anak. Smile Café juga
mempunyai menu makanan Steak, dan
untuk menu yang satu ini orang dewasa dan remaja dapat menikmatinya. Sedangkan
menu seperti Mie Goreng, Nasi Goreng,
Capcay, Sop Iga dapat dinikmati oleh semua usia.
Targeting
Setelah mengelompokan pasar,
tahap selanjutnya adalah Targeting,
dan dalam tahap ini kita dapat mambidik kelompok konsumen mana yang akan
menjadi sasaran kita. Apakah pria dan wanita; yang berusia dewasa, remaja atau
mungkin anak-anak; dari kalangan pelajar, pembisnis, atau masyarakat biasa dan
masih banyak yang lainnya. Dan sasaran Café ini
adalah semua orang dan penyuka dunia kuliner. Tetapi saya lebih memfokuskan
untuk kalangan remaja wanita dan remaja laki-laki. Karena dengan seiring
berkembangnya zaman dan menurut dari survei yang saya lakukan, banyak remaja yang
lebih suka menghabiskan waktu di luar rumah daripada didalam rumah. Tempat yang
mereka jadikan tempat untuk ngumpul pun tidak akan jauh-jauh dari Café. Jadi, karena alasan itulah saya
memprioritaskan remaja sebagai sasaran utama saya. Sehingga prospek untuk
mendapatkan keuntungan akan menjadi lebih besar.
Positioning
Karena Café ini sudah memiliki beberapa cabang yang terdapat di
kota-kota besar di Indonesia, dengan cabang utama di Kota Bandung, dan Jakarta.
Selain itu, Smile Café juga terdapat di Kota Semarang, Surabaya, Medan,
Denpasar, Makssar, Palembang, Pontianak dan Bekasi, maka tidak terlalu sulit
dalam mempromosikan Smile Café ini. Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang
datang pada hari biasa dan bisa menjadi dua kali lipat pada tanggal merah
ataupun week end. Harga yang
ditawarkan pun tidak terlalu mahal dan sebandingan dengan apa yang didapatkan.
Smile Café, Smile Smile Smile :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar