Selasa, 25 November 2014

STP Smile Cafe


Smile Café adalah salah Café satu yang menyajikan berbagai menu makanan, dengan  beberapa fasilitas yang disediakan demi kepuasan pelanggan. Sesuai dengan namanya, Café ini memiliki visi agar siapapun pegunjung yang datang diharapkan dapat selalu tersenyum dan merasa bahagia saat berada di dalam Café ataupun setelah mengunjungi Café ini. Karena salah satu hal yang dapat memuaskan pelanggan adalah pelayanan. Maka, Smile Café berusaha untuk  memberikan pelayanan yang maksimal.

Segmanation
Segmanation adalah upaya memetakan atau memasarkan dengan memilah-milah konsumen sesuai dengan kelompok masing-masing konsumen. Pemilihan ini bisa berdasarkan usia, jenis kelamin, tempat tinggal, penghasilan gaya hidup, bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk dan masih banyak yang lainnya. Karena bisnis saya merupakan bisnis di biang kuliner, maka siapa pun dapat menjadi konsumen. Entah itu pria, wanita, orang tua, orang dewasa, remaja, bahkan hingga anak-anak sekalipun. Mungkin jenis makanannya saja yang akan saya kategorikan dalam usia. Misalnya, Smile Café ini mempunyai menu makanan Bakso Colorfull, yang memang menu ini disediakan khusus untuk anak-anak. Smile Café juga mempunyai menu makanan Steak, dan untuk menu yang satu ini orang dewasa dan remaja dapat menikmatinya. Sedangkan menu seperti Mie Goreng, Nasi Goreng, Capcay, Sop Iga dapat dinikmati oleh semua usia.

Targeting
Setelah mengelompokan pasar, tahap selanjutnya adalah Targeting, dan dalam tahap ini kita dapat mambidik kelompok konsumen mana yang akan menjadi sasaran kita. Apakah pria dan wanita; yang berusia dewasa, remaja atau mungkin anak-anak; dari kalangan pelajar, pembisnis, atau masyarakat biasa dan masih banyak yang lainnya. Dan sasaran Café ini adalah semua orang dan penyuka dunia kuliner. Tetapi saya lebih memfokuskan untuk kalangan remaja wanita dan remaja laki-laki. Karena dengan seiring berkembangnya zaman dan menurut dari survei yang saya lakukan, banyak remaja yang lebih suka menghabiskan waktu di luar rumah daripada didalam rumah. Tempat yang mereka jadikan tempat untuk ngumpul pun tidak akan jauh-jauh dari Café. Jadi, karena alasan itulah saya memprioritaskan remaja sebagai sasaran utama saya. Sehingga prospek untuk mendapatkan keuntungan akan menjadi lebih besar.

Positioning
Karena Café ini sudah memiliki beberapa cabang yang terdapat di kota-kota besar di Indonesia, dengan cabang utama di Kota Bandung, dan Jakarta. Selain itu, Smile Café juga terdapat di Kota Semarang, Surabaya, Medan, Denpasar, Makssar, Palembang, Pontianak dan Bekasi, maka tidak terlalu sulit dalam mempromosikan Smile Café ini. Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang pada hari biasa dan bisa menjadi dua kali lipat pada tanggal merah ataupun week end. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal dan sebandingan dengan apa yang didapatkan. 

Smile Café, Smile Smile Smile :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar