Jumat, 08 Mei 2015

Analisis Siklus Hidup Sony Ericsson

Haii, kali ini saya akan membahas mengenai Analisis Siklus Hidup Sony EricssonTapi sebelumnya saya akan membahas mengenai sejarah dari Sony Ericsson terlebih dahulu. berikut pembahasannya...

Sejarah Sony Ericsson
Sony Ericsson yang bernama lengkap Sony Ericsson Mobile Communications AB adalah perusahaan pembuat telepon genggam yang didirikan pada tahun 2001, yang merupakan hasil gabungan dari dua perusahaan besar dalam dua bidang yang berbeda, yaitu : Perusahaan Jepang bernama Sony (elektronik) dan perusahaan dari Swedia bernama Ericsson (telekomunikasi seluler).
            Perusahaan ini sebelumnya bernama Ericsson saja. Merkas perusahaan yang dulunya berada di Swedia telah berpindah ke Hammersmith di Landon, Inggris. Sekarang ini, Sony Ericsson merupakan perusahhan pembuat ponsel ke-enam di dunia setelah Nokia, Samsung, LG, Research in Motion, dan Apple. Sebagian besar ponsel Sony Ericsson menggunakan layanan jaringan komunikasi suara GSM (2G)  dan W-CDMA/UMTS (3G) serta layanan jaringan komunikasi EDGE (2.5G) dan HSDPA & HSUPA (3.5G). selain itu, Sony Ericsson juga berencan untuk memproduksi ponsel dengan menggunakan layanan jaringan komunikasi data LTE (3.9G).
Selain memproduksi ponsel untuk pasar global, Sony Ericsson juga memproduksi ponsel khusus untuk pasar Jepang. Ponsel Sony Ericsson Jepang menggunakan layanan jaringan dari operator Jepang, seperti NTT docomo, au by KDDI, dan SoftBank Mobile. Sony Ericsson juga memiliki layanan konten yaitu, PlayNow Area. Para pengguna Sony Ericsson dapat mengakses serta mengunduh berbagai macam konten yang di sediakan pada layanan ini, baik yang sifatnya gratis, maupun ynag berbayar. PlayNow Area dapat diakses melalui pilihan menu PlayNow atau dengan menggunakan browser yang ada pada ponsel. PlayNow versi Jepang hanya dapat diakses dari ponsel Sony Ericsson yang khusus dipasarkan di Jepang saja.
Sama dengan produk-produk yang lainnya, Sony Ericsson juga memiliki siklus hidup. Berikut adalah siklus hidup dari Sony Ericsson:
  1) Tahap perkenalan
Tahap awal dari Sony Ericsson adalah menciptakan dan memperkenalkan produk baru berkemampuan fotografi digital. Produk ini, membuat Sony Ericsson menjadi sukses di pasaran pada tahun 2002-2003, yang membuat Sony Ericsson sukses mencapai keuntungan yang sangat besar di awal perjalanan mereka.
   Awalnya Sony Ericsson memproduksi CDMA dan pada tahun 2003 Sony Ericsson menghentikan produk dengan layanan CDMA untuk pasaran di Amerika Seikat dan menggantinya dengan GSM. Pada Oktober 2004, Sony Ericsson kembali meluncurkan P900 yang diperkenalkan di Las Vegas, Beijing. Dan pada tahun 2004, saham Sony Ericsson meninggkat sekitar 6-5,6% yang kemudian pada bulan Juli mengeluarkan produk baru P910. Lalu pada tahun 2005 kembali merillis prodak K750 dan Sony Ericsson juga memproduksi operasi Symbian UIQ P990 (2005), CybeShot K850 (2007), C905 (2008).

  2) Tahap Pertumbuan
     Di tahap pertumbuhan ini, Sony Ericsson mulai menciptakan fitur dan layanan untuk barang-barang yang diproduksinya. Sebagian ponsel Sony Ericsson menggunakan GSM 2G & 3G, EDGE (2.5G) & (3.5G). sebagian juga mengunakan  layanna 1G, CDMA 2G, 3G, 2.5G, dan 3.5G (EV-DO).

   3) Tahap Kedewasaan
Tahap ini, merupakan tahap dimana Sony Ericsson berada di posisi puncak dari penjualan mereka. Sony Ericsson telah sukses menciptakan beerseri-seri ponsel yang sukses dipasaran internasional, diantaranya: Xperia (X) seru smartphone; CyberShot(C) dengan fitur kamera digital dan lampu kilat Xenon dan LED; Walkman (W) dengan audio mega bass, clear stereo dan juga pemutar musik; Entertaiment Unlimited (U) dengan fitur multimedia dan hiburan; Genaration Web (G)  fitur konektivitas yang memudahkan user; Messaging (M) fitur message baik chat dan sebagainya; Tala (T); Swivel/Slider (S) dengan desain slider; Snapshot (S) dengan fitur kamera yang berkualitas; Fun (F) dengan fitur permainan dan hiburan; Fashion (F) dengan fitur fashion dan desain; Personal Digital Assistent (P); ZE Bobber (Z); Radio (R); Junior (J); T-Mobile (TM); Vodafone (V atau F); Deutsche Telekom (D).
 
  4) Tahap Penurunan
Pada tahun 2012, saham Ericsson telah dibeli oleh Sony yang dikarenakan pada kuartil terakhir Sony Ericsson adalah hal yang paling menyengsarakan dengan kerugian sebesar USD317 juta, yang disebabkan kesulitan dalam menyaingi ponsel yang dibuat lebih canggih oleh pesaingnya.
Dengan adanya masalah yang menyebabkan kerugian pada pembukuan, maka Sony Ericsson mengubah namanya menjadi Sony Mobile Communications Inc. Dan perusahaan ini menjual produk elektronik yang sudah dilengkapi oleh internet.

Sumber:
http://hp-saya.blogspot.com/2012/07/sejarah-singkat-sony-ericsson.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar